Persiapan Liburan Makassar

Standard

Ceritanya, salah satu housemate pacar waktu dia kuliah selama 4 tahun di negeri seberang memutuskan buat nikah, di akhir April lalu. Sebagai wujud solidaritas, dan sekalian temu kangen sama geng Indo yang tinggal di Melbie itu, si pacar mengajak saya buat datang ke acaranya.

Yang berlangsung di Makassar.

Astaga, jauh ya, beda pulau tuh sama Jakarta. Awalnya rada-rada was-was juga, soalnya nikahan, kan, pasti weekend. Bolos kerja sih bukan pertimbangan buat saya. That’s what annual leavings are for! Tapi, bolos kuliah hal yang lain lagi, sungguh sangat mempengaruhi pertimbangan saya. Bukan karena saya kerajinan loh, yah beginilah kalau kuliah udah bayar pakai duit sendiri, akibatnya begini deh. Pertama karena ini udah menjelang ujian akhir, yang berarti semua deadline tugas dan proposal thesis berkumpul menjadi satu. Padahal topik aja belon dapet, dan jurnal apalagi. Kedua, karena dosen saya semester ini sakti mandraguna, gara-gara ada satu yang sibuknya luar biasa, jadi jadwal kuliah kami di hari sabtu jadi porak poranda menyesuaikan jadwal dia. Termasuk jadwal dosen lain akhirnya ngikutin jadwal dia.

Habis confirm jadwal pasca UTS sama semua dosen dan sekretariat, kira-kira maret pertengahan, kami akhirnya nekad beli tiket, buat tanggal 27-1. Lama banget bolos kerjanya? Itu juga ada alasannya. Pertama, kawinannya emang kepisah jadi 2 hari, Akad Nikah tanggal 28, dan resepsi tanggal 30. Kedua, helooo, tiket PP Jakarta-Makassar lumayan ya booo harganya, mending sekalian wisata dong ya disana. Apalagi kami belum pernah menginjakkan kaki di Makassar sebelumnya.

Yaudah dong, akhirnya dari was-was, saya berhasil mengumpulkan semangat kegembiraan buat pergi. Kapan sih saya gak seneng kalo urusan jalan-jalan ke tempat baru?

Sialnya, April ternyata bulan sial buat saya. Kayaknya halangannya banyak banget deh di bulan yang satu ini. Kekacauan dimulai dari demo BBM yang mengakibatkan kelas yang udah dijadwalin dengan cantik jadi kena imbasnya. UTS mundur. Wew. Pas mau diatur lagi, eh libur paskah dong ya. Yang paling kacau, waktu ada jadwal 2 ujian di satu hari sabtu, beberapa minggu pasca penundaan UTS, Akong meninggal (yang sampai sekarang memoriamnya masih ngambang di otak dan gak berhasil keluar jadi tulisan) yang pemakamannya bertepatan sama jadwal 2 ujian itu, yang untungnya, atau sialnya, diajar sama satu dosen yang sama.

Mungkin sial, karena pas minggu berikutnya (sekitar satu minggu sebelum keberangkatan) ujian itu masih belon dikasih juga sama si dosen. Sigh. Pasrahlah saya. Dan memutusskan pergi walau hati was-was.

Hanya April masih punya kejutan lain dong. Dosen saya yang sama yang mengajar 2 mata kuliah itu, yang karena kekacauan jadwal, mengajar 2 pelajaran yang masing-masing 2 sesi di sabtu tanggal 28 (yang membuat saya udah kehilangan 2 absen untuk 2 pelajaran), mengatur jadwal kuliah field trip ke salah satu kantor investasi untuk komoditi terbesar di Jakarta, di hari Selasa, tanggal 1. Hari yang sama dengan jadwal pulang saya dong. Dan hitungannya itu adalah 2 sesi lagi untuk masing-masing pelajaran dia. Lengkaplah nestapa saya. Kalau bolos, bye-bye kuliah. Batas absen cuma 4 kali, sedangkan saya udah pernah pake 1 buat tugas kantor. Kalau Selasa bolos, jadi 5 dong bolosnya.

Kalau batal pergi, sayang dong biaya tiketnya itu. Kalau pulang pagian, kehilangan acara resepsi ditambah harus beli tiket pulang lagi. Rugi, in both ways. Lucunya, pelajarannya itu pelajaran investasi dan resiko. Kena banget dong tuh slogan no risk no return, no pain no gain. Sigh.Akhirnya setelah berpikir, meresapi, dan mempertimbangkan, saya memutuskan membeli tiket lain lagi untuk hari Senin. Sambil berdoa semoga tidak ada tambahan kejutan lain lagi. Please?

Untungnya, keinginan saya dikabulkan. (to be continue)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s