Family means everything

Standard

Satu hal yang bikin gua sering mendadak terharu biru mellow sepanjang nyiapin wedding ini. Kalau orang bilang kilas hidup lo bakal muncul di benak lo pas lo mo mati, maka belakangan gua sering banget gak sengaja keinget sama cerita-cerita yang udah berlalu di sepanjang hidup gua. Dan sebagian besar cerita itu selalu berhubungan dengan keluarga gua.

Family always bring the worse and the best in me. Mereka yang selalu jadi trigger buat gua ngelakuin tindakan drastis apapun, whether good or bad. Mereka juga yang selalu narik gua keluar dari masalah-masalah dalam hidup gua. Mereka selalu ada. Sedihnya, belakangan gua mulai ngerasa kehilangan mereka. Efek sadar kalau bentar lagi gua keluar dari rumah, keluar dari payung keluarga yang selalu ngelindungin gua selama gua hidup.

Pelan-pelan makin mendekati The Day, makin banyak waktu yang gua habisin diluar rumah buat ngurus printilan kecil-kecil yang gak kelar-kelar, yang ngurusnya gak bersama keluarga gua. Ditambah ade gua yg bontot udah pergi melanglang buana menimba ilmu dan ade gua yang tengah sibuknya 11-12 ama gua, mengingat kuliah S2-nya baru masuk di semester pertama yang artinya lagi banyak-banyaknya tugas kelompok. Even bokap nyokap juga belakangan suka ngomong kalo mereka makin ngerasa sepi dengan nada sedih. Semacam prekuel sebelon gua akhirnya nanti bener-bener keluar dari rumah pas merit nanti.

Buat orang yang bener-bener kenal gua pasti tau kalo sepanjang hidup jarang banget gua gak ngehabisin waktu sama keluarga. I couldn’t stay away for a long time from my family. At all. Tiap malem sepulang kerja kami selalu spend time makan barengan di meja sambil entah ngobrol, debat, bahkan berantem. Pokoknya ngabisin waktu bareng deh. Makanya gak peduli angin topan ujan badai, sebisa mungkin gua gak mau bawa kerjaan apapun pulang kerumah. Sebisa mungkin yaaa…

Makanya buat gua susah sekali kalau mau temenan sama orang, karena temen itu kodratnya spend a lot of time together kan? Sedangkan sepanjang hidup gua, ngatur antara waktu buat keluarga dan pacar aja udah susah. Akibatnya, gua jadi super attached sama keluarga dan pacar gua, atau istilahnya jadi tergantung.

Ah iya, satu hal lagi yang gua inget, kayaknya gua nyaris selalu punya pacar. Kayaknya gua ga bisa hidup tanpa cowok dalam waktu lama deh, namanya juga attached hahaha tapiiii itu cerita lain aja kali yaaa. Intinya kalo soal pacar, sekali-kalinya gua bisa ngabisin waktu banyak ama dia palingan pas di awal jadian. Kalau udah lama sihhh, again, family is numero uno priority. Kalau si pacar ga mau gabung ama acara keluarga gua yah silahkan dia ngehabisin waktu sendiri ajaaaa.

Mungkin kesannya sombong ya karena gak mau spend time ama orang atau grup lain. Jadinya ya temen-temen yang bisa gua nobatkan jadi best friend and vice versa itu kebanyakan temen yang gua ketemunya belon tentu setaun sekali deh. Kontek sih tetep kontek, tapi bukan yang frekuensinya terus menerus tiap minggu harus ketemu tiap bulan harus kumpul. Kebanyakan temen-temen yang gua bisa konek terus bestfriend terus dari jaman kuda belon pake handphone juga yang jenisnya 11-12 ama gua, punya kehidupan sendiri entah ama keluarga atau pacar masing-masing, yang tentunya nyambung kalo gua ngomong absurd karena mereka tentunya sama absurdnya.

Dan salah satunya gak bisa dateng pas gua merit hiks.

Sering juga gua ngerasa iri ama kegiatan temen-temen gua yang kerjaannya nongkrong di tempat-tempat gaul after office hour, atau sirik ngeliatin temen-temen cewek yang dandan super modis buat ngumpul-ngumpul cantik di cafe something pas weekend. Apalagi kalau abis buka facebook (dulu) or path (sekarang) dan ngeliatin kegiatan-kegiatan pertemanan yang gua missed sepanjang masa remaja gua sihhh kadang bikin mupeng juga *apasihhhh* Tapi selalu, kalau pilihannya antara family atau temen, gua selalu milih family.

Makanya sekarang waktu hari H makin mendekat, gua makin sering ngalamin kilas balik cerita bersama keluarga. Waktu bokap gua nungguin gua pulang sambil masak makanan kesukaan gua, atau waktu bokap gua nungguin gua masakin makanan buat dia. Waktu nyokap gua masih bangun nungguin gua sampe gua pulang walau udah lewat tengah malem, atau waktu kita semua ga bisa tidur kalo nyokap gua belon juga pulang kerumah. Waktu ade gua ngehabisin waktu dikamar entah nyokap atau gua buat cerita apa kali ngalor ngidul. Waktu ada salah satu dari mereka yang sakit dan kudu dijagain, atau waktu mereka manjain gua pas gua sakit.

Ooooo man, enough. Semua kilas balik itu selalu bikin gua terharu biru.

I want to make a family like this. They are never perfect, but we always have enough. Enough laugh, enough tears, enough joy, enough memories. God, how I love my family.

Jadi, karena famil means everything to me, pesen moralnya buat gua, semoga merit itu bisa jadi suatu tambahan keluarga, ya, bukan pengurangan.

Aminnnnn!

2 responses »

  1. ahh memori emang selalu bikin mengharu biru ya.. apalagi kalo mau berubah status gini.. pasti bawaannya mellow2.. hehe.
    btw gw baru tau nya kalo lo most of times ngabisin waktu bareng keluarga, i mean, segitu banyaknya.. gw pikir lebih sering bareng pacar dibanding keluarga hehehe.

    enjoy your time as single ladies yahh.. family will always be the family kok, no matter how :) dulu gw juga sedih banget pas mau ninggalin keluarga, tapi yah, ujung2nya juga bisa get used to it hehe. smangat vanyaaa!

Leave a Reply

