List kebutuhan bayi

Standard

Kebetulan anak pertama kami itu adalah cucu pertama dari kedua belah pihak. Jadi semua barang kebutuhan bayi beneran kudu dibeli dari nol. Nah gara-gara kami adalah orangtua baru, jadi waktu awal belanja rasanya gelap beneran lho. Mana waktu belanja kami mepet, cuma 2 bulan, gara-gara budaya yang nyuruh kami ga boleh belanja sebelon lepas bulan ketujuh. Akhirnya waktu sebelon bulan ketujuh kami habisin buat browsing sana sini dan cari info aja.

Pas udah bisa belanja beneran, saya udah hamil super gede. Males banget kalo disuru keliling toko ke toko buat browsing and nanya ini itu. Untung disekeliling saya banyak ibu baru melahirkan jadi ada beberapa hal yang akhirnya saya nyolong ilmu aja haha.

Gara-gara pemula dalam bidang peranakan, akhirnya banyak banget barang yang harusnya beli tapi ga kebeli yang bikin suami harus bolak balik toko bayi buat beliin habis lahiran, apalagi saya kan ga keluar rumah sama sekali selama sebulan. Selain itu ada juga barang yang harusnya ga butuh tapi kebeli gara-gara dikira bakal butuh yang akhirnya mubazir.

Barang-barang yang menurut kami diperluin:

1. Ranjang bayi
Kami beli yang model play yard alias jaring, bukan yang kayu. Alasan belinya takut udah beli yang kayu mahal-mahal terus ga taunya anaknya tidur bareng diranjang kami. Sampe sekarang, si baby tiap malem tidur diranjangnya sih sampe subuh, habis itu saya pindahin ke ranjang kami soalnya pas subuh selalu saya udah mulai cape bolak balik ranjang saya ke ranjang dia ke ranjang saya lagi buat nyusuin. Tapi berhubung udah tanggung, akhirnya males juga ganti jadi kayu.

2. Pompa elektrik
Banyak orang yang milih pompa manual, peres tangan, atau malahan nyusuin langsung. Yah itu preference masing-masing sih. Alasan saya milih pompa elektrik karena saya pegel pake manual. Saya beli dua-duanya btw, Medela Harmony sama Maxi Swing. Entah kenapa kalo pake Harmony, hasilnya kacrut, dikit banget. Mungkin gara-gara kekuatan tangan saya ga stabil ya, mana cepet banget pegelnya. Kalo elektrik kan enak, tinggal pencet tombol terus tangan bisa sambil main hp, pas nengok udah selesai.

3. Perlengkapan mandi
Bak mandi yang biasa aja, dudukan tambahan itu malah ga kepake sampe sekarang. Perlak merk pupu buat naro baby pas disabunin di luar bak. Waslap bentuk tangan. Handuk merk kawamoto yang paling mantep, enteng tipis tapi super nyerep. Baby wash head to toe. Baby oil buat dituang di air mandi, biar kulit baby ga kering. Minyak telon buat abis mandi. Itu doang kebutuhan mandi si baby. Belakangan baru saya nambah beli lotion gara-gara kulit si baby super kering.

4. Baju
Jangan beli banyak-banyak ya, maksimal setengah lusin tiap jenis, soalnya bayi itu gedenya cepet banget. Jumper alias baju kodok pendek (siang) dan panjang (malem). Kaos dan celana pendek (siang) dan panjang (malem). Sarung tangan kaki. Bedong kain, entah kenapa saya lebih suka yang kain daripada yang modern, tapi makenya jangan kenceng-kenceng ya soalnya kasian bayinya. Pas udah gedean, kain bedong itu saya jadiin alas tidur si baby.

5. Perlengkapan diapers
Saya milih diapers disposable buat si baby. Sempet sih nyoba pake popok kain, tapi ternyata popok kain nyebelin ya booo. Pertama, si anak jadi bangun kira-kira sejem sekali gara-gara basah. Artinya saya ga bisa istirahat dong. Kedua, bukan cuma popok kain aja cuciannya dong. Baju, alas tidur semuanya jadi ikut basah. Pokoknya cucian menggunung deh. Nyerahlah saya.

6. Perlengkapan tidur
Si baby cuma butuh selimut sama baby sleeping bag. Dia ga butuh bantal, apalagi guling. Baby sleeping bag itu fungsinya buat ngangetin baby soalnya baby butuh suhu hangat.

7. Botol susu
Jangan beli banyak-banyak. Kalau mau beli banyak, beli aja beberapa jenis. Soalnya ternyata bayi itu punya preferensi dot yang beda-beda. Nanti udah beli banyak ga taunya dia ga mau kan sayanggg…

8. Stroller
Buat ngebawa baby kemana-mana si luar dan dalem rumah. Ya, seriusan saya ngebawa baby saya pake stroller dalem rumah. Soalnya biar gampang ngawasinnya. Misalnya pas saya makan kan lebih enak kalo si baby ada dideket saya di ruang makan, daripada dia ditinggal dikamar dan jejeritan pas saya makan.

Kira-kira itu barang yang saya butuhin buat si baby. Tapi sekali lagi, preferensi orang beda-beda ya. Apa yang saya butuhin belon tentu kalian butuh dan sebaliknya.

Ciao, xoxo

Leave a Reply

