>Flashback

Standard

>Lagi ngomongin kado sepupu cewe si pacar yang masih kecil, mendadak flashback tentang salah satu ultah gue sendiri di masa puluhan tahun yang lalu (eh tua dong gue?). Kayaknya gue masih SD waktu itu.

Waktu itu baru pindah rumah ke daerah gue tinggal sekarang. Disini masih definitely sepi dan lowong. Udara masih seger, secara, polusi mobil masih super jarang. Cuman ada satu plaza dan satu supermarket (sedangkan sekarang ada 10 kali gedung hiburan macam itu). Waktu itu, hampir hari ulang tahun gue, dan kebiasaan pas jaman kecil adalah cake dan kado, yang membuat hari ulang tahun anak kecil menjadi lebih semarak. Sampai sekarang pun sebenarnya masih selalu ada kebiasaan itu di setiap ulang tahun anggota keluarga gue (at least kalau gak ada kado ya ada kue).

Bokap gue adalah bokap yang paling sayang anak sedunia. Berhubung anaknya cewek semua, tentu saja dia selalu dekat dan memanjakan anak-anak gadisnya itu, walau waktu cerita ini, anaknya bahkan belum jadi gadis. Waktu itu bokap pengen nyenengin gue dan beliin gue kado. Pas ditanya, hadiah yang ada di benak anak cewek macam gue ya boneka Barbie. Entah kenapa dulu gue suka banget sama Barbie dalam kotak pink yg kalo baru dibuka, yang rambutnya masih kinclong halus, yang kita harus ngelepasin pengikat halusnya yang bentuknya kayak senar tebel, ditambah sepatu pink-nya dan bajunya yang modis, lengkap pula dengan sisirnya. Tapi jujurnya, habis dibuka paling kegirangan gue gak bertahan lama, antara gue bosen sama benda itu atau keburu rusak.

Dan waktu itu, harga Barbie sama kayak sekarang. Ajaib juga Barbie gak kena pengaruh ekonomi, secara harganya sama sampe sekarang (tapi dulu dollar masih 2000 perak). Saat itu bokap baru keluar banyak duit segala macam hal lainnya (yang saat itu belon bisa gue ngertiin).

Intinya, bokap lagi bokek, tapi sebagai bokap yang sayang anak, dia pengen bikin anaknya seneng walau sebenernya dia gak ngerti apa gunanya boneka mahal yang kecil itu. Gue inget banget dia ngajak gue ke mal (atau plaza) buat milih si Barbie itu. Dan gue milih Barbie yang ceritanya gue taksir setengah mati dan Barbie itu mahal.

Bokap cuman ngambil kotaknya dari tangan gue, ngeliat harganya (yang biasa ditempel di bawah), dan mikir lama. Mukanya keliatan sedih.

Sumpah gue gak akan lupa ekspresi bokap di hari itu.

Dia menghela nafas, dan naro Barbie itu di rak. Lalu dia ngelus kepala gue dan bilang, ‘nanti ya papi beliin’. Lalu dia senyum ke gue, senyum seorang bokap yang kecewa karena gak bisa beliin anaknya sesuatu yang dia mau.

Ajaibnya, saat itu gue langsung berasa bodoh, ngapain juga gue minta benda gituan. Maka ketika kami berjalan kembali ke mobil, gue yang masih kecil bilang ke bokap kalo gue berubah pikiran dan gak butuh boneka Barbie itu. Even gue yang masih kecil pun akhirnya tau kalo benda itu mahal. Dan useless.

Dan sebenernya hadiah terbaik buat gue adalah perasaan sayang bokap gue ke gue yang kebaca jelas dari raut mukanya. Dari jaman gue kecil sampe sekarang, bokap selalu menjadi saviour gue disetiap saatdan bokap rela ngelakuin apapun buat anak-anaknya (literally), dan dia selalu mau keluarganya senang.

Itu jauh lebih baik dari Barbie yang notabene after 3 bulan paling udah putus kepalanya sama the little me. Bener deh, Barbie itu lebih cantik di dalam kotak, dan di rak toko, dibanding kalo dimainin dirumah. Sejak kejadian itu, gue gak pernah minta kado Barbie lagi dari bokap, walau obsesi sama benda pink dalam kotak pink itu masih tertinggal. Sampai di satu titik gue berhasil beli barang itu pake duit gue sendiri, dan rasanya gitu aja, ilang deh obsesi gue. Sejak itu gue gak pernah beli Barbie lagi.

Intinya si Barbie-Barbie itu sudah tamat riwayatnya di tangan gue, dan obsesi gue udah ilang, tapi rasa sayang bokap gue ke gue masih akan ada sampe nanti-nanti.

Dan sekarang berhubung gue udah jauh lebih gede dari amsa gue kecil, ini waktunya gue balik nunjukin rasa sayang gue ke bokap.

When you take, you need to give. I love you, daddy!

4 responses »

  1. Salam kenal!
    Ceritanya bagus! Jadi keinget sama Barbie pertama gue. Sama seperti lo, pas kecil pengeeeeen banget Barbie, tapi nggak pernah dibeliin karena mahal. Sampai akhirnya bokap tugas dinas ke Eropa dan dia beliin ballerina Barbie buat gue. Senengnya setengah mati. Sampai sekarang Barbie-nya masih ada, walaupun bajunya udah kumel, rambutnya udah kusam dan ada noda tinta di sana sini.

Leave a comment